Tautan-tautan Akses

Demonstrasi Anti Amerika Terjadi Lagi di Beberapa Negara


Demonstrasi anti-Amerika terjadi lagi di beberapa negara karena laporan yang mengatakan tentara Amerika telah menista al-Quran di kamp tahanan Guantanamo.

Di Somalia, ribuan orang islam berdemonstrasi di ibukota Mogadishu sambil menyerukan slogan-slogan anti-Amerika. Di Calcutta, India kira-kira 300 orang muslim membakar bendera Amerika, dan menuduh orang-orang Amerika telah menghina kitab suci islam. Di London, 100 orang berdemonstrasi di depan kedutaan Amerika dan menyerukan slogan-slogan anti-Amerika.

Demonstrasi-demonstrasi itu terus terjadi kendati majalah Newsweek telah mencabut laporan yang mengatakan ada tentara Amerika yang membuang al-Quran ke dalam kakus di Guantanamo. Tapi Palang Merah Internasional dan Pentagon mengakui pernah membahas keluhan para tahanan yang mengatakan adanya penistaan terhadap al-Quran dalam tahun 2002 dan 2003. Kata Palang merah internasional, keluhan-keluhan itu berhenti tahun 2003 setelah Palang merah mengadakan pembicaraan dengan para pejabat departemen pertahanan Amerika.

XS
SM
MD
LG