Tautan-tautan Akses

Syria Bantah Tuduhan AS Bahwa Pengikut al-Zarqawi Adakan Pertemuan di Syria


Para pejabat Syria telah membantah tuduhan pihak militer Amerika bahwa para pemimpin pemberontak Irak pengikut Abu Musab al-Zarqawi, melakukan pertemuan bulan lalu di Syria.

Seorang pejabat kementerian luar negeri mengatakan kepada VOA di Washington hari ini bahwa Syria sudah berusaha sekuat daya menghentikan penyusupan pemberontak ke Irak sejak tahun lalu. Katanya, Damaskus telah meminta kerjasama lebih besar dari Washington di front keamanan dan intelijen, dengan mengatakan keamanan Irak menjadi keprihatinan semua orang di wilayah itu.

Hari Rabu, seorang pejabat Amerika mengaitkan pertemuan yang dikatakan diselenggarakan di Syria itu dengan peningkatan serangan pemberontak akhir-akhir ini yang telah menewaskan lebih dari 400 orang di Irak sejak awal Mei. Sementara itu kekerasan di Irak hari ini menewaskan paling kurang 16 orang, diantaranya tiga tentara Amerika.

Dan menteri luar negeri Iran Kamal Kharrazi mengunjungi otoritas tertinggi Syiah – Ayatullah Besar Ali Sistani – di kediamannya di Najaf. Tidak ada keterangan rinci mengenai pertemuan itu, tetapi keduanya telah menyerukan ketenangan.

XS
SM
MD
LG