Tautan-tautan Akses

George Galloway, Tertuduh Korupsi ‘Minyak Untuk Pangan’ Tiba di AS


Seorang anggota parlemen Inggris telah tiba di Washington untuk menghadapi tuduhan bahwa ia mengambil keuntungan dari program minyak-untuk pangan selama kekuasaan rejim Saddam Hussein di Irak.

George Galloway yang membantah tuduhan itu mengatakan kepada wartawan di Washington, ia datang bukan sebagai tertuduh tetapi sebagai penuduh. Ia menambahkan, ia tidak mengharapkan banyak keadilan dari para pejabat Amerika.

Galloway hari ini akan tampil di depan Komisi Senat yang menyelidiki orang-orang yang dituduh membantu Saddam Hussein melanggar sanksi PBB. Komisi itu mengatakan, para pemimpin Irak menyalurkan hak minyak dengan harga diskon bernilai jutaan dolar kepada George Galloway, mantan Menteri Dalam Negeri Prancis Charles Pasqua, dan para pejabat Rusia. Komisi itu menambahkan, orang-orang itu mendapat keuntungan dengan menjual minyak tadi dengan harga yang lebih tinggi.

Charles Pasqua membantah tuduhan itu, dan mengatakan, ia menjadi target kampanye Amerika terhadap Prancis. Pejabat Rusia yang menghadapi dakwaan serupa, Vladimir Zhirinovsky juga membantah melakukan kesalahan apapun.

Penyidikan Senat mengungkapkan bahwa lebih dari 30 persen alokasi minyak Irak diberikan kepada para pejabat, partai politik dan bisnis Rusia sebagai imbalan jasa politik.

XS
SM
MD
LG