Tautan-tautan Akses

Kabinet Irak Dilantik, Dua Kementrian Pertahanan Dan Minyak Belum Terisi


Setelah tawar-menawar berbulan-bulan, pemerintah baru Irak telah dilantik, tetapi lima kementerian termasuk dua portfolio penting –pertahanan dan minyak – masih belum terisi -- hanya diisi oleh pejabat sementara.

Perdana Menteri interim Ibrahim al-Jaafari mengatakan penundaan dalam mengisi jabatan-jabatan yang masih kosong ini -- yang telah diperuntukkan bagi kelompok Arab Sunni -- disebabkan oleh perbedaan pandangan dalam lingkungan faksi mereka. Ia meramalkan hal ini akan diatasi dalam beberapa hari lagi.

Dua-puluh-sembilan menteri dari berbagai kelompok keagamaan dan etnis terbesar di Irak dilantik hari Selasa. Mereka akan menyiapkan konstitusi permanen dan akan membimbing negara itu menuju pemilu bulan Desember.

Sementara itu, di Mosul, bom mobil menewaskan seorang sipil Irak. Di Samarra, kawanan-bersenjata menembak mati tiga polisi. Dan dekat Ramadi, 15 orang, lebih sepuluh di antara mereka pemberontak, tewas dalam bentrokan dengan pasukan-pasukan Irak dan koalisi.

Militer Amerika juga melaporkan jenazah seorang penerbang dari salah satu jet Marinir yang hilang, sudah ditemukan. Kedua jet itu tampaknya jatuh hari Senin. Berbagai upaya untuk menemukan penerbang yang seorang lagi dan kedua pesawat dilanjutkan.

XS
SM
MD
LG