Tautan-tautan Akses

AS: Korea Utara Lakukan Ujicoba Misil Jarak Dekat di Laut Jepang


Seorang pejabat tinggi Amerika mengatakan tampaknya Korea Utara melakukan uji-coba misil jarak dekat yang jatuh di Laut Jepang.

Kepala Staff Gedung Putih Andrew Card mengatakan kepada televisi Amerika insiden ini bukan yang pertama, tetapi dikatakan, Washington memperhatikan dengan cermat. Departemen Luar Negeri Amerika menambahkan pihaknya sedang berkonsultasi dengan pemerintah negara-negara di wilayah itu.

Uji-coba misil semacam itu dipandang sebagai usaha Korea Utara untuk memperkuat diri dalam menghadapi kecaman. Hubungan Amerika Serikat dan Korea Utara tegang karena program nuklir Korea Utara.

Hari Sabtu para diplomat mengatakan Amerika Serikat memperingatkan Badan Tenaga Atom Internasional atau IAEA bahwa Korea Utara tampaknya siap melakukan uji-coba nuklir bawah tanah.

Korea Utara keluar dari perundingan 6 negara mengenai usaha mengakhiri program senjata nuklir dalam bulan Februari. Korea Utara menembakkan misil melewati wilayah Jepang pada tahun 1998, dan menembakkan paling sedikit 2 misil ke Laut Jepang dua tahun lalu.

XS
SM
MD
LG