Tautan-tautan Akses

Hamid Karzai Desak Pasukan Koalisi  Berhati-hati Dalam Operasi Militer di Kawasan Penduduk Sipil


Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah mendesak pasukan Afghanistan dan Koalisi agar berhati-hati sekali dalam melakukan operasi terhadap militan muslim di daerah-daerah tempat tinggal penduduk sipil.

Presiden Karzai menyatakan keprihatinan hari Minggu mengenai korban di kalangan penduduk sipil dalam operasi anti teroris baru-baru ini. Ia mengatakan, meskipun pemerintahnya bertekad memerangi terorisme, tetapi juga bertanggung jawab atas keselamatan rakyat Afghanistan.

Pernyataan itu disampaikan dua hari setelah 3 penduduk sipil, termasuk seorang perempuan dan seorang anak, tewas dalam serangan udara Amerika terhadap yang dicurigai tempat persembunyian kelompok militan. Empat orang yang dicurigai anggota militan juga tewas.

Juga hari Minggu, militer Amerika menyerahkan 85 warga Afghanistan yang ditahan kepada pihak berwajib Afghanistan, yang kemudian membebaskan mereka setelah mereka berjanji akan setia kepada pemerintah Presiden Karzai. Para pejabat Amerika mengatakan orang-orang itu tidak lagi merupakan ancaman.

XS
SM
MD
LG