Tautan-tautan Akses

Korea Utara Diduga Akan Lakukan Uji Ledak Nuklir


Laporan dari Wina hari ini mengatakan, para pejabat Amerika telah memperingatkan negara-negara anggota Badan Energi Atom Internasional bahwa Korea Utara tampaknya siap melakukan ujicoba nuklir di bawah tanah dalam waktu dekat.

Laporan itu mengatakan, ujicoba ledakan nuklir skala kecil menggunakan plutonium mungkin akan dilakukan seawal bulan Juni. Para diplomat mengatakan kepada wartawan, Amerika telah menunjukkan foto-foto satelit mengenai kegiatan di Korea Utara, untuk mendukung pernyataan bahwa Kores Utara merencanakan ujicoba ledakan nuklir.

Baik Amerika maupun Badan Energi Atom Internasional belum mengomentari laporan itu, tetapi Asisten Menlu Christopher Hill mengatakan kepada wartawan di Korea Selatan kemarin, reactor plutonium Korea Utara di Yongbyon telah ditutup hampir selama tiga pekan. Langkah ini menimbulkan kecurigaan bahwa sedang berlangsung kegiatan untuk memproses kembali bahan bakar nuklir menjadi bahan pembuat senjata.

Para pejabat di Seoul memperingatkan Korea Utara, ujicoba nuklir akan membuat Pyongyang semakin dikucilkan masyarakat internasional, dan membahayakan masa depan negara itu.

XS
SM
MD
LG