Tautan-tautan Akses

Pemimpin Asia dan Afrika Mengesahkan Deklarasi Kemitraan Strategis


Para pemimpin Asia-Afrika

Para pemimpin Negara dari Asia dan Afrika telah mengesahkan deklarasi kemitraan strategis yang bertujuan memperluas hubungan ekonomi dan politik antara kedua benua.

Ketika menutup KTT dua hari itu, di Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebut deklarasi baru itu suatu tonggak bersejarah.

Berdasarkan deklarasi itu, para pemimpin dari 100 negara Asia dan Afrika berjanji akan meningkatkan kerjasama dalam memerangi kemiskinan, korupsi dan terorisme. Para peserta konferensi juga sepakat meningkatkan dan melindungi hak asasi manusia dan demokrasi di kedua kawasan itu, yang dihuni lebih dari tiga-perempat jumlah penduduk dunia.

Para pemimpin Asia-Afrika itu mengakhiri KTT hari Minggu dengan kunjungan ke Bandung, tempat Konferensi Asia-Afrika yang pertama tahun 1955 yang melahirkan Gerakan Non Blok semasa Perang Dingin.

Sementara itu, para pemimpin tertinggi Jepang dan Cina telah menyatakan harapan tercapainya penyelesian atas keretakan hubungan yang semakin memburuk antara kedua Negara.

Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi mengatakan, hari Sabtu, pertemuan di Jakarta dengan Presiden Hu Jintao mengukuhkan pentingnya hubungan bilateral bagi kedua Negara, dan juga bagi Asia. Pembicaraan itu menyusul KTT Asia – Afrika di Ibukota Indonesia, Jakarta.

Presiden Hu Jintao juga menekankan pentingnya hubungan Cina dan Jepang. Tetapi dalam nada yang kurang damai, ia mengatakan, Tokyo harus jangan lagi melakukan sesuatu yang melukai hati rakyat Cina, dan negara-negara Asia lainnya.

Pertemuan itu adalah pertemuan pertama para pemimpin kedua negara sejak terjadi demonstrasi besar-besaran anti Jepang di Cina setelah Tokyo mensahkan buku sejarah yang menutup-nutupi kekejaman Jepang pada masa perang.

Hari Jum’at, Perdana Menteri Jepang Koizumi mengulangi lagi permintaan maaf atas kekejaman itu. Tetapi hari Sabtu, Presiden Cina Hu Jintao mengatakan, Tokyo harus mendukung kata-katanya dengan tindakan.

XS
SM
MD
LG