Tautan-tautan Akses

Korea Utara Menutup Reaktor Nuklir di Kompleks Utama Nuklirnya


Korea Selatan melaporkan, bahwa Korea Utara menutup reactor nuklir di kompleks utama nuklirnya, satu kemungkinan, bahwa Pyongyang mungkin sedang mengumpulkan lebih bayak plutonium, yang dapat dipakai untuk membuat senjata.

Reaktor itu berada di kompleks nuklir Korea Utara Yongbyon. Kim Sook, kepala biro urusan Amerika Utara di kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan, hal itu sedang ditanggapi dengan sangat serius.

Para ahli mengatakan, menutup reaktor nuklir itu, akan memungkinkan para operator Korea Utara mendapatkan bahan dari batang-batang bahan bakar nuklir yang dapat dibuat menjadi plutonium dan ini kemudian dapat digunakan untuk membuat senjata.

Fasilitas nuklir di Yongbyon itu ditutup dan disegel di bawah persetujuan tahun 1994 antara Amerika Serikat dengan Korea Utara. Namun, perjanjian ini runtuh pada bulan Oktober tahun 2002, dan pihak Korea Utara memulai kembali program nuklirnya dengan menghidupkan kembali reaktor itu setelah Amerika Serikat menyatakan, bahwa Pyongyang mempunyai simpanan banyak senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG