Tautan-tautan Akses

WHO: Virus Flu Ganas Telah Terkirim Tanpa Sengaja Dari AS ke Laboratorium di Beberapa Negara


Organisasi kesehatan sedunia WHO mengatakan, sebagian dari virus influenza yang sangat ganas telah dikirim dari Amerika secara tidak sengaja ke sejumlah laboratorium kesehatan di seluruh dunia.

Kata jurubicara WHO di Jenewa hari Jumat, Libanon dan Meksiko tidak pernah menerima kiriman virus itu, kendati kedua negara tadi termasuk dalam daftar penerima virus. Katanya lagi, lima negara, yaitu Bermuda, Brazil, Israel, Jepang dan Arab Saudi, sampai sekarang belum menegaskan bahwa mereka telah memusnahkan virus-virus yang berbahaya itu.

Pejabat Amerika mengatakan, banyak laboratorium di Amerika telah memusnahkan contoh-contoh virus itu, dan sisanya akan dibakar hari Sabtu ini. Katanya, contoh-contoh virus itu dikirim oleh sebuah perusahaan Amerika kepada 4,000 laboratorium di banyak bagian dunia untuk dites pada bulan Februari.

Pejabat kesehatan PBB kemarin memerintahkan semua laboratorium untuk memusnahkan virus-virus yang salah kirim itu. Virus sejenis telah menimbulkan bencana pandemi flu di Asia tahun 1957, yang menewaskan empat juta manusia.


XS
SM
MD
LG