Tautan-tautan Akses

Tiga Orang Ditahan Sehubungan Dengan Pemboman Di Pasar Kairo


Polisi melakukan pemeriksaan di lokasi pemboman di pasar Kairo

Seorang pejabat Departemen Dalam Negeri Mesir mengatakan pasukan keamanan telah menahan tiga tersangka sehubungan dengan pemboman bunuh diri pekan lalu di Kota Tua Kairo.

Tidak dikemukakan rincian mengenai penahanan itu. Tetapi sebelumnya hari Ahad, para penyidik mengatakan pengebom telah diidentifikasi dari sidik jarinya sebagai seorang Mesir. Mereka mengatakan ia mempunyai tiga orang kaki tangan.

Sementara itu, Prancis mengatakan seorang pria Prancis yang luka-luka dalam pengeboman hari Kamis itu telah meninggal dunia, menjadikan jumlah korban tewas, tiga orang. Kedutaan besar Prancis mengatakan kematian terbaru itu terjadi hari Ahad, ketika pria itu diterbangkan ke Prancis untuk dirawat.

Para pejabat telah menahan 15 orang untuk diinterogasi mengenai ledakan itu, yang memporak-porandakan bazaar Khan al Khalili dekat masjid dan universitas prestisius, Al Azhar. Polisi mengatakan bom tiga kilogram - bom rakitan yang penuhi dengan paku-mencederai 20 orang.

Mesir juga mengatakan menunda rencana KTT Afrika untuk membahas krisis di kawasan Darfur Sudan barat dimana konflik selama dua tahun ini telah mengakibatkan puluhan ribu orang tewas.

Menteri LN Mesir Ahmad Aboul Gheit hari Ahad mengatakan KTT itu, yang semula akan diadakan 20 April ini di kota Sharm el Sheik, sekarang akan diundur sampai akhir April atau permulaan Mei. Ia mengatakan waktu yang ditetapkan sekarang ini kurang cocok bagi beberapa peserta. Mesir mengundang pemimpin-pemimpin Sudan, Libya, Nigeria dan Chad ke KTT itu.

PBB memperkirakan 180.000 orang tewas di Darfur sejak konflik pecah awal 2003. Konflik itu menghadapkan pasukan pemerintah Sudan dan sekutunya milisi Arab melawan dua kelompok pemberontak.

XS
SM
MD
LG