Tautan-tautan Akses

Keamanan Kota Roma Diperketat, Bush Beri Penghormatan Terakhir Kepada Paus


Pihak berwenang Italia telah meminta jemaat supaya tidak masuk ke pusat kota Roma karena banyaknya yang datang. Kepala dinas pengendalian massa bagi pemakaman itu, Guido Betolaso mengatakan hari Rabu bahwa lebih dari satu juta orang sudah menjejali kota itu. Dia meminta jemaah pergi ke sebuah penampungan khusus di pinggir kota.

Para pejabat juga mengumumkan rencana untuk memperpendek antrian pelayat pada pukul 10 malam waktu setempat untuk memberi kesempatan kepada mereka yang sudah menunggu kesmepatan untuk menyampaikan penghormatan mereka sebelum Gereja santo Petrus ditutup Kamis malam, menjelanhg pemakaman sri paus. Para pejabat Vatikan memperkirakan lebih dari dua juta orang akan melewati jenazah pemimpin gereja Katholik itu sebelum mereka menutup gereja tersebut.

Sementara itu, para kardinal Katolik Roma yang akan memilih paus baru telah menetapkan 18 April sebagai tanggal dimulainya pemilihan di balik pintu tertutup. Seorang jurubicara Vatikan hari ini mengatakan kepada wartawan, satu misa khusus akan mendahului pertemuan tertutup itu dan kemudian para kardinal akan bertemu untuk memulai proses memilih pengganti Yohannes Paulus. Roma memperketat pengamanan karena pemakaman Yohannes Paulus hari Jumat itu akan dihadiri para kepala negara dari seluruh dunia, diantaranya Presiden Bush.


Presiden Bush dan rombongan pejabat AS
Presiden Bush memberikan penghormatan terakhir kepada Paus Yohannes Paulus Kedua di Basilika Santo Petrus setelah tiba di Roma hari ini. Presiden Bush didampingi oleh isterinya Laura, mantan Presiden Bill Clinton dan George H.W. Bush, serta Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice. Bush merupakan presiden Amerika Serikat pertama yang sedang memegang jabatan yang menghadiri pemakaman seorang Paus.

Meskipun tidak sependapat mengenai perang di Irak, Bush pekan ini memuji pemimpin gereja Katholik itu sebagai pembela kebebasan ummat manusia. Gedung Putih mengatakan selama di Roma Presiden Bush akan bertemu dengan Perdana Menteri Silvio Berlusconi dan Presiden Carlo Azeglio Ciampi. Dia berencana pulang ke ranch-nya di Texas setelah pemakaman hari Jumat.

XS
SM
MD
LG