Tautan-tautan Akses

Parlemen Irak Menetapkan Jalal Talabani Sebagai Presiden Baru


Jalal Talabani
Parlemen Irak telah menetapkan politisi Kurdi Jalal Talabani sebagai presiden baru negara itu. Para anggota parlemen juga telah menunjuk dua wakil presiden – Adel abdul Mahdi dari kelompok Syiah dan Gazi al-Yawar dari kelompok Sunni dalam sidang hari ini. Pemilihan itu mengakhiri berpekan-pekan kebuntuan politik.

Tiga anggota dewan kepresidenan itu diperkirakan akan menunjuk pemimpin Syiah Ibrahim Jafari sebagai Perdana Menteri pada hari Kamis.

Dalam Pidato penerimaannya, Talabani berjanji untuk berusaha membangun pemerintahan demokratik di Irak, dan juga menciptakan keamanan, meberantas terorisme dan menghormati HAM.

Para pejabat Irak mengatakan mantan presiden Irak yang terguling Saddam Hussein dan para pejabat tinggi dalam rezimnya diperkenankan menyaksikan proses parlemen itu melalui televisi dalam sel-sel di penjara.

Sementara itu, militer Amerika mengatakan hari ini bahwa seorang serdadu Amerika tewas di Baghdad ketika para pemberontak menyerang patrolinya dengan ledakan bom pinggir jalan dan tembakan senjata ringan.

XS
SM
MD
LG