Tautan-tautan Akses

Parlemen Irak Siap Memilih Talabani Sebagai Presiden


Jalal Talabani
Para pembuat undang-undang di Irak mengatakan parlemen siap memilih politisi Kurdi Jalal Talabani sebagai presiden hari Rabu.

Para anggota parlemen menghabiskan waktu berpekan-pekan untuk memilih pemerintah baru. Mereka mengatakan dua wakil presiden Irak adalah seorang Shiah, Adel Abdul Mahdi, dan seorang Sunni, Ghazi Yawar. Ketiga anggota dewan kepresidenan itu kemudian diharapkan akan menunjuk pemimpin Shiah Ibrahim Jaafari sebagai perdana menteri hari Kamis.

Sebelum sidang parlementer itu, pemberontak meningkatkan serangan hari Selasa, menewaskan atau menculik setidaknya 15 orang. Pasukan Amerika juga menembak dan melukai seorang wartawan televisi CBS sewaktu bentrokan bersenjata dengan pemberontak dekat Mosul.

Dalam perkembangan lain, Presiden Bush mengatakan serangan hari Sabtu yang di-klaim al-Qaida terhadap penjara Abu Ghraib menunjukkan jaringan teror itu masih mematikan dan berupaya membunuh sebanyak mungkin orang yang tidak berdosa.

Sementara itu, pemberontak di Irak meningkatkan serangan terhadap para pejabat pemerintah dan pasukan keamanan hari Selasa, menewaskan atau menculik setidaknya 15 orang.

Di antara yang tewas termasuk seorang ulama Sunni dan seorang tentara Amerika di Baghdad. Di utara, pasukan koalisi menewaskan seorang pemberontak di Mosul. Pasukan Amerika menembak dan melukai seorang wartawan televisi CBS sewaktu insiden itu karena keliru menganggap kameranya sebuah senjata.

Perkembangan ini terjadi sehari sebelum majelis nasional Irak bersidang untuk memilih seorang presiden, dua wakil presiden dan seorang perdana menteri.


XS
SM
MD
LG