Tautan-tautan Akses

Presiden Khatami: Pembicaran Dengan Uni Eropa  Peroleh Kemajuan


Presiden Iran mengatakan ia mengharapkan kemajuan signifikan pada pembicaraan mendatang dengan para anggota Uni Eropa mengenai prohgram nuklir negaranya.

Khatami, yang berbicara di Paris hari Selasa, mengatakan ia beranggapan kedua pihak hampir mencapai penyelesaian. Ia mengatakan Iran telah mengusulkan sebuah rencana untuk menyelesaikan isu nuklir itu, yang menurutnya disambut baik oleh Prancis.

Ia berkata demikian setelah pertemuan dengan Presiden Prancis Jacques Chiraq, yang mengulangi kesediaan Eropa mengupayakan melalui dialog untuk mendapatkan jaminan bahwa program nuklir Iran itu bertujuan damai.

Prancis, Jerman dan Inggris, dengan dukungan Amerika, menawarkan insentif ekonomi bagi Iran untuk menghentikan aktivitas memperkaya uranium. Prancis, bersama-sama dengan Jerman dan Inggris menawarkan insentif ekonomi kepada Iran untuk menghentikan aktivitas memperkaya uraniumnya.Tetapi Iran mempertahankan sikapnya di depan umum dengan mengatakan pihaknya tidak akan membatalkan aktivitas nuklirnya.

XS
SM
MD
LG