Tautan-tautan Akses

Jalal Talabani Aktif di Politik Kurdi Selama Hidupnya


Jalal Talabani yang berusia 71 tahun sering dipanggil oleh banyak orang Kurdi sebagai Mam Jalal atau Paman Jalal. Ia telah aktif di panggung politik Kurdi hampir selama hidupnya.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Baghdad, Talabani merupakan sekretaris jenderal Serikat Patriotik Kurdistan – salah satu dari dua parati Kurdi yang mengontrol kawasan Kurdi di Irak sebelah Utara.

Bermarkas di Sulamaniyah, PUK secara tradisional mendapat dukungan dari masyarakat Kurdi di perkotaan. Partai Demokratik Kurdistan yang dipimpin Masood Barzani mengontrol dua propinsi di kawasan Barat Laut, yakni Arbil dan Dahuk.

Kedua partai itu sudah lama saling bersaing, namun menandatangani kesepkatan damai pada tahun 1998.

Talabani terpaksa mengungsi ke Iran pada tahun 1988, ketika pemerintah Irak emnggunakan senjata kimia untuk memerangi Kurdi. Ia kembali ke Irak bagian Utara setelah Perang Teluk 1991.

Setelah penggulingan Saddam Hussein pada bulan April 2003, Talabani ditunjuk untuk memimpin Dewan pemerintahan Irak yang didukung Amerika. Dewan itu dibubarkan Juni lalu ketika pemerintah Irak sementara mengambil alih pimpinan.

XS
SM
MD
LG