Tautan-tautan Akses

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kunjungi Australia


Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono tiba di Australia dalam kunjungan, yang dibayangi oleh gempa bumi hari Senin pekan lalu, dan oleh kecelakaan helikopter Australia hari Sabtu, yang sedang dalam misi pemberian bantuan kepada para korban akibat benca gempa bumi, di pulau Nias.

Perdana Menteri Australia John Howard menyambut presiden Indonesia itu hari Minggu ini, di Bandar udara Canberra. Kedua pemimpin itu akan mengadakan pembicaraan resmi, hari Senin.

Tujuan pertemuan itu ialah memfokuskan diri pada hubungan keamanan yang lebih kuat antara kedua negara – dan untuk menyatakan terima kasih Indonesia kepada Australia karena dukungannya kepada Indonesia setelah musibah alam tsunami tanggal 26 Desember tahun lalu.

Namun, pembicaraan itu kini akan dibayangi oleh gempa baru berkekuatan 8,7 pada skala richter yang melanda pulau Nias hari Senin lalu, menewaskan lebih dari seribu orang, dan jatuhnya pesawat helikopter Australia yang menewaskan sembilan orang Australia yang sedang berusaha memberikan pertolongan di pulau Nias.

XS
SM
MD
LG