Tautan-tautan Akses

Emile Lahoud akan bertemu Bashar Al-Assad di Damaskus


Presiden Libanon yang pro-Suriah Emile Lahoud akan bertemu di Damaskus hari Senin ini dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad, untuk menandai dimulainya penarikan pasukan tentara Suriah dari daerah pantai dan pusat Libanon ke daerah perbatasan Libanon.

Menteri Pertahanan Libanon Abdul Rahim Murad mengatakan penarikan tersebut akan dimulai segera setelah pertemuan itu. Belum ada keterangan mengenai kapan penarikan tersebut akan selesai, dan juga belum jelas apakah pasukan tentara tersebut akan memasuki wilayah Suriah atau tidak.

Pemindahan pasukan itu adalah tahap pertama dari dua tahap penarikan pasukan tentara Suriah. Rincian mengenai operasi penarikan itu akan dilakukan pada pertemuan Dewan Agung Suriah Libanon, yang terdiri dari para pemimpin tertinggi dari kedua negara.

Para pemimpin kelompok oposisi Libanon terus memperjuangkan agar Suriah meninggalkan Libanon. Namun, kelompok militan Hisbullah yang pro-Suriah menentang penarikan segera tentara Suriah. Kelompok tersebut menghimbau diadakannya aksi protes terhadap penarikan itu pekan ini di Beirut.

XS
SM
MD
LG