Tautan-tautan Akses

34 Tewas dalam Serangan di Hama, Annan Kunjungi Suriah


Suasana di kota Hama lengang akibat gempuran pasukan Suriah (28/5). Sedikitnya 34 tewas akibat serangan terakhir pasukan pemerintah terhadap Hama.

Suasana di kota Hama lengang akibat gempuran pasukan Suriah (28/5). Sedikitnya 34 tewas akibat serangan terakhir pasukan pemerintah terhadap Hama.

Para aktivis Suriah melaporkan serangan baru pasukan pemerintah terhadap kota Hama hari Senin (28/5) menewaskan sedikitnya 34 orang.

Utusan perdamaian internasional Kofi Annan berada di Suriah untuk menyelamatkan rencana perdamaiannya yang diakuinya tidak diterapkan secara menyeluruh, sementara para aktivis melaporkan serangan baru pemerintah terhadap kota Hama menewaskan sedikitnya 34 orang.

Setelah tiba di ibukota Suriah, Damaskus, Senin, Annan mendesak semua pihak untuk meletakkan senjata dan membantu menyelesaikan konflik Suriah yang telah berlangsung 15 bulan secara damai.

Ia juga mengatakan, ia terkejut dengan apa yang ia sebut pembunuhan tragis terhadap sedikitnya 116 orang di kota Houla yang memberontak, Jumat lalu.

Para pejabat Suriah mengatakan, mantan sekjen PBB itu akan bertemu Menteri Luar Negeri Suriah Walid Moallem hari Senin dan Presiden Bashar al-Assad hari Selasa.

Sementara Annan mengunjungi Suriah, para aktivis HAM mengatakan, pasukan keamanan Suriah membombardir beberapa kawasan permukiman di Hama dari hari Minggu hingga Senin pagi sebagai balasan atas serangan pemberontak terhadap posisi-posisi pemerintah.

Mereka mengatakan, pertempuran itu menewaskan sejumlah tentara, sejumlah pemberontak dah sedikitnya 13 warga sipil. Jumlah korban tewas tidak dapat dikukuhkan secara independen.
XS
SM
MD
LG