Tautan-tautan Akses

ADB: Pemerintahan yang Baik di Asia Dorong Pemerataan Pembangunan


Rapat tahunan Bank Pembangunan Asia di Hanoi, Vietnam, Rabu (4/5).

Rapat tahunan Bank Pembangunan Asia di Hanoi, Vietnam, Rabu (4/5).

Agar Asia dapat menjadi pelopor pertumbuhan ekonomi, menurut ADB, isu pemerataan pembangunan harus ditanggapi lebih serius.

Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) mengatakan kepemimpinan yang kuat dan komitmen pada pemerintahan yang baik sangat penting bila Asia hendak mewujudkan potensinya dan mempelopori dunia ke arah pertumbuhan ekonomi yang lebih berimbang dan merata.

Presiden ADB Haruhiko Kuroda mengatakan demikian, Kamis, pada sidang pembukaan pertemuan tahunan yang ke-44 lembaga ini di Vietnam. Para pejabat keuangan tertinggi di seluruh Asia berada di Hanoi untuk menghadiri pertemuan pekan ini. Menteri Keuangan Perancis menghadirinya atas nama negara-negara G-20.

Kuroda mengatakan banyak negara berkembang Asia masih termasuk buruk dalam soal pemerintahan yang baik (good governance), dan ini harus berubah untuk menggalakkan pertumbuhan berkualitas tinggi yang memberdayakan kaum miskin dan memastikan keadilan lembaga-lembaga.

Ia mengatakan unsur-unsur lain yang akan menentukan masa depan ekonomi kawasan ini, antara lain, perlunya menggunakan 750 miliar dolar setahun untuk pembangunan prasarana, tata keuangan yang sehat yang mempekerjakan dana tabungan kawasan, penyebaran yang lebih luas mengenai pengetahuan pembangunan dan peningkatan kerjasama kawasan.

XS
SM
MD
LG