Tautan-tautan Akses

Pesawat Ulang Alik Antariksa Tak Jadi Diluncurkan Senin


Peluncuran pesawat ulang-alik Endeavor dari Pusat Antariksa Kennedy di Florida ini kembali ditunda akibat masalah teknis.

Peluncuran pesawat ulang-alik Endeavor dari Pusat Antariksa Kennedy di Florida ini kembali ditunda akibat masalah teknis.

NASA membatalkan peluncuran Endeavour, Jumat kemarin, setelah para awak menemukan masalah dalam sebuah unit tenaga tambahan.

Badan antariksa Amerika (NASA) hari ini menyatakan tidak akan meluncurkan pesawat ulang alik Endeavour esok hari karena masalah teknis. Tanggal peluncuran yang baru belum diumumkan.

NASA membatalkan peluncuran Endeavour, Jumat, di Pusat Antariksa Kennedy di Florida, setelah para awak menemukan masalah dalam sebuah unit tenaga tambahan. Para teknisi sedang menguji sistem untuk menentukan apakah sebuah termostat yang terkait dengan sistem pemanas suhu menerima aliran listrik, atau apakah masalahnya berada di tempat lain.

Endeavour dan keenam awaknya akan mengantarkan sebuah piranti ilmiah bernilai dua miliar dolar ke Stasiun Antariksa Internasional. Alat tersebut dirancang untuk melakukan pencarian sinar kosmis di alam semesta.

Ini adalah misi ke-25 sekaligus terakhir bagi Endeavour, yang kemudian akan dipensiunkan dan dipamerkan secara permanen di sebuah pusat sains di Los Angeles.

Program 30 tahun NASA diperkirakan akan berakhir bulan Juni setelah pesawat ulang alik Atlantis melakukan perjalanan terakhirnya ke stasiun antariksa.

XS
SM
MD
LG