Tautan-tautan Akses

Kelompok Mantan Pemimpin Negara Kunjungi Korea Utara


Mantan Presiden AS Jimmy Carter tiba di Korea Utara pada kunjungan sebelumnya bulan lalu. Ia kembali pekan ini bersama mantan-mantan pemimpin dunia lainnya.

Mantan Presiden AS Jimmy Carter tiba di Korea Utara pada kunjungan sebelumnya bulan lalu. Ia kembali pekan ini bersama mantan-mantan pemimpin dunia lainnya.

Kelompok yang disebut "Kelompok Sesepuh " terdiri dari Jimmy Carter, Mary Robinson, Martti Ahtisaari dan Harlem Brundtland,

Sekelompok mantan pemimpin negara yang dipimpin oleh mantan Presiden Amerika Jimmy Carter sedang dalam perjalanan ke Korea Utara dalam upaya membuka jalan buntu yang sedang berlangsung dalam pembicaraan enam negara guna mengakhiri program nuklir Pyongyang yang kontroversial.

Kelompok yang disebut sebagai "Kelompok Sesepuh " terdiri dari Jimmy Carter, mantan Presiden Irlandia Mary Robinson, mantan Presiden Finlandia Martti Ahtisaari dan mantan Perdana Menteri Norwegia Harlem Brundtland, mereka tiba di Beijing hari Minggu.

Kelompok ini mengatakan mereka akan melanjutkan perjalanan ke Korea Utara, Selasa, untuk kunjungan selama tiga hari sebelum melakukan perjalanan ke Seoul, di mana mereka dijadwalkan akan bertemu dengan para pejabat tinggi, anggota masyarakat sipil dan akademisi, serta diplomat asing.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan belum jelas apakah para delegasi akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-il. Tapi, para analis mengatakan perjalanan ini jelas ditujukan untuk membantu memperbaiki hubungan antara kedua Korea dan melanjutkan perundingan nuklir enam pihak, yang telah tertunda selama dua tahun.

XS
SM
MD
LG