Tautan-tautan Akses

Kongres akan Garap Berbagai Pakta Perjanjian Bebas AS


Presiden Panama Ricardo Martinelli (foto: dok) akan bertemu Presiden AS Obama untuk membicarakan lebih lanjut perjanjian perdagangan bebas AS-Panama.

Presiden Panama Ricardo Martinelli (foto: dok) akan bertemu Presiden AS Obama untuk membicarakan lebih lanjut perjanjian perdagangan bebas AS-Panama.

Perjanjian perdagangan bebas AS dengan Panama, Colombia dan Korea Selatan kini sedang digodok Kongres untuk kemudia diratifikasi.

Pejabat pemerintahan Obama mengatakan persetujuan perdagangan bebas dengan Panama, Colombia dan Korea Selatan kini berada di tangan Kongres.

Para pejabat bersangkutan di Kongres mengatakan mereka telah memutuskan untuk memroses Persetujuan Promosi Perdagangan Amerika-Panama setelah Panama memenuhi beberapa persyaratan, antara lain, meratifikasi perjanjian pajak dan mereformasi undang-undang perburuhan. Pekan depan, rencananya, Presiden Obama akan bertemu dengan Presiden Panama Ricardo Martinelli untuk mendiskusikan perjanjian tersebut beserta prakarsa keamanan kawasan yang baru.

Para pejabat pemerintahan Obama belum menetapkan batas waktu untuk mengajukan perjanjian perdagangan tersebut ke Kongres untuk diratifikasi. Tetapi, para pejabat mengatakan dalam jumpa pers via telepon bahwa perjanjian Panama dan Korea Selatan sudah pada tahap di mana proses perumusan rancangan undang-undang dapat dimulai.

Amerika sedang menunggu Colombia untuk memenuhi sasaran yang ditetapkan dalam rancangan perjanjian untuk mereformasi hukum guna memperkuat hak dan perlindungan bagi pekerja dan pembentukan serikat buruh.

XS
SM
MD
LG