Tautan-tautan Akses

Obama Kirim Penasehat Tingginya ke Arab Saudi dan UEA


Penasihat Keamanan Nasional Tom Donilon. (foto: dok)

Penasihat Keamanan Nasional Tom Donilon. (foto: dok)

Penasihat Keamanan Nasional Tom Donilon akan berangkat Senin ini untuk lawatan tiga hari ke Riyadh dan Abu Dhabi untuk membahas gejolak di kawasan Timur Tengah

Presiden Amerika Barack Obama mengirimkan penasihat tinggi bidang keamanan nasional ke negara-negara sekutu utama di Teluk, yaitu Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, pekan ini untuk membahas pergolakan yang melanda Timur Tengah.

Gedung Putih mengatakan Penasihat Keamanan Nasional Tom Donilon akan berangkat Senin ini untuk lawatan tiga hari, di mana ia akan bertemu dengan Raja Saudi Abdullah di Riyadh dan Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahayan di Abu Dhabi. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan Minggu, mengatakan kunjungan Donilon tersebut menggarisbawahi pentingnya hubungan AS dengan dua mitra utamanya.

Gedung Putih juga mengumumkan bahwa Obama akan bertemu penguasa Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani, di Gedung Putih, Kamis.

Negara Teluk Persia adalah negara-negara Arab pendukung yang berpengaruh terhadap Libya dan sekutu penting Amerika. Qatar adalah negara Arab pertama yang mengakui pemberontak anti-pemerintah Libya sebagai wakil sah dari rakyat Libya. Pesawat-pesawat Qatar membantu pemberlakukan zona larangan terbang PBB di atas angkasa Libya.

XS
SM
MD
LG