Tautan-tautan Akses

Cawapres Perempuan Pertama AS, Geraldine Ferraro, Meninggal Dunia

  • Kent Kline

Geraldine Ferraro (foto: dok) meninggal dunia pada usia 75 tahun.

Geraldine Ferraro (foto: dok) meninggal dunia pada usia 75 tahun.

Ferraro adalah pasangan kandidat Presiden Walter Mondale dari Partai Demokrat pada tahun 1984, ketika Presiden Ronald Reagan mencalonkan diri untuk masa jabatannya yang kedua.

Mantan anggota Kongres dan calon wakil presiden Geraldine Ferraro meninggal hari Sabtu di Boston, Massachusetts pada usia 75 tahun setelah menderita kanker darah selama 10 tahun.

Ferraro, yang tidak terlalu terkenal sebagai anggota Kongres dan menjabat tiga kali, berasal dari wilayah Queens di New York City. Pada tahun 1984, ia dipilih sebagai calon wakil presiden oleh Walter Mondale, calon presiden dari Partai Demokrat waktu itu.

Perempuan pertama yang dicalonkan oleh Partai Demokrat untuk jabatan tinggi ini memperkenalkan dirinya sendiri kepada rakyat Amerika pada Konvensi Nasional Partai Demokrat. Dalam pidatonya ia mengatakan, “Malam ini saya berdiri di depan Anda sekalian untuk menyatakan, 'Amerika adalah negeri di mana mimpi kita dapat terwujud.'”

Pidatonya disambut dengan tepuk tangan meriah selama delapan menit dari seluruh hadirin dalam pertemuan itu.

Ferraro berkampanye dengan gigih menentang kebijakan-kebijakan Presiden Ronald Reagan, dari Partai Republik, dan membela hak-hak perempuan. Ia menegaskan, “Pencalonan ini bukan hanya sekdear simbol, tetapi merupakan terobosan baru. Bukan hanya pernyataan belaka, tetapi sesuatu yang mengikat antar semua perempuan di seluruh Amerika.”

Ferraro adalah juga orang pertama dan satu-satunya warga Amerika keturunan Italia yang dicalonkan untuk jabatan tinggi tersebut. Pencalonannya banyak menimbulkan pro- dan kontra-. Ia kerap dihadapkan dengan para demonstran yang berang mengenai sikapnya yang mendukung hak perempuan melakukan aborsi. Juga muncul pertanyaan-pertanyaan seputar bisnis suaminya, John Zaccaro, yang kemudian mengaku bersalah atas tuduhan melakukan pelanggaran hukum.

Presiden Reagan dan Wakil Presiden George H.W. Bush terpilih kembali dalam pemilihan yang dimenangkan secara telak, mengalahkan Mondale dan Ferraro di 49 dari 50 negara bagian.

Setelah pemilihan itu, Ferraro kembali menjalankan praktik hukum pribadi, dan dua kali gagal mencalonkan diri kembali sebagai anggota senat.

Presiden Obama memuji Ferraro sebagai perintis yang menghancurkan hambatan yang dihadapi perempuan Amerika dan semua warga Amerika dari beragam latar belakang. Presiden Obama juga mengatakan kedua puterinya besar dalam lingkungan di mana perempuan dan pria lebih setara berkat jasa Ferraro.

XS
SM
MD
LG