Tautan-tautan Akses

NATO akan Rundingkan Sejumlah Opsi mengenai Libya


Menhan AS Robert Gates akan menghadiri perundingan NATO mengenai Libya di Brussels.

Menhan AS Robert Gates akan menghadiri perundingan NATO mengenai Libya di Brussels.

Menhan AS Robert Gates akan menyampaikan kepada forum NATO mengenai persiapan AS untuk kemungkinan operasi tanggap darurat di Libya.

Para anggota NATO akan memulai pembicaraan dua hari mengenai Libya, Kamis, untuk membahas kemungkinan memberlakukan zona larangan terbang guna menghentikan serangan udara oleh pasukan-pasukan yang mendukung pemimpin Libya Moammar Gaddafi.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates akan menghadiri pembicaraan di Brussels ini. Seorang pejabat senior Amerika mengatakan Gates akan mengatakan kepada para menteri NATO mengenai persiapan Amerika untuk kemungkinan operasi tanggap darurat dan usaha bantuan kemanusiaan di Libya. Menteri-menteri Uni Eropa juga mengadakan pertemuan di Brussels untuk membicarakan Libya.

Para pejabat Barat telah menyatakan keprihatinan bahwa zona larangan terbang tidak akan berpengaruh banyak untuk menghentikan kekerasan tersebut. Tetapi, para diplomat NATO mengatakan ada dukungan kuat bagi tindakan demikian jika pemerintah Libya meningkatkan serangan terhadap warga sipil.

Inggris dan Perancis sedang merancang resolusi PBB untuk mengizinkan pemberlakuan zona larangan terbang di Libya. Para penasehat Presiden Amerika Barack Obama bertemu, Rabu, untuk menilai keadaan di Libya dan mempertimbangkan opsi-opsi yang ada, termasuk opsi bekerja dengan mitra-mitra internasional untuk memberlakukan zona larangan terbang.

XS
SM
MD
LG