Tautan-tautan Akses

Suku Karen Minta Dunia Bela Suku Minoritas Burma


Seorang ibu dan anak-anaknya, warga suku Karen, Burma (foto: dok).

Seorang ibu dan anak-anaknya, warga suku Karen, Burma (foto: dok).

Sekitar 84.000 orang suku Karen di seluruh dunia telah menandatangani petisi yang disampaikan kepada para pemimpin dunia.

Ribuan orang suku Karen dari seluruh dunia mendesak para pemimpin dunia agar menghentikan pelanggaran HAM terhadap suku minoritas di Burma oleh pemerintah setempat.

Sekitar 84.000 orang telah menandatangani petisi yang akan dikirim kepada para pemimpin dunia dan berbagai organisasi, termasuk Sekjen PBB Ban Ki-moon. Organisasi-organisasi Karen di 15 negara mendukung petisi ini.

Suku Karen mendiami bagian tenggara Burma dekat perbatasan dengan Thailand. Selama puluhan tahun, mereka mengeluh pelanggaran HAM oleh pihak berwenang terhadap mereka. Pelanggaran tersebut antara lain berupa kerja paksa, penjarahan, pemerasan dan penghancuran rumah dan pertanian mereka untuk memaksa mereka pindah ke lain lokasi.

Karen National Union meminta pembentukan Komisi PBB guna menyelidiki tuduhan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Burma.

Organisasi tersebut juga mengajukan petisi kepada pimpinan PBB agar menggunakan pengaruhnya untuk mencapai gencatan senjata di seluruh Burma, serta mengadakan dialog yang berarti dan inklusif untuk rekonsiliasi nasional dan pemulihan demokrasi di Birma.

XS
SM
MD
LG