Tautan-tautan Akses

Moody's Turunkan Peringkat Kredit Jepang


Penurunan peringkat kredit Jepang oleh Moody's merupakan yang pertama sejak hampir sembilan tahun lalu.

Penurunan peringkat kredit Jepang oleh Moody's merupakan yang pertama sejak hampir sembilan tahun lalu.

Keraguan atas kemampuan pemerintahnya mengekang utang, membuat Moody's menurunkan peringkat kredit Jepang dari stabil menjadi negatif.

Lembaga rating Moody's Investor Service telah menurunkan prospek rating kredit Jepang untuk pertama kalinya dalam hampir sembilan tahun. Moody's menyebut keraguan akan kemampuan pemerintah untuk mengekang utang nasional yang terus meningkat, sebagai alasan penurunan peringkat kredit tersebut.

Dengan demikian, prospek rating kredit bagi Jepang turun dari stabil ke negatif. Satu lagi badan penilai peringkat kredit, Standard and Poor’s, sudah lebih dahulu melakukan hal yang sama bulan lalu.

Moody’s mengatakan mereka prihatin dengan ketidakpastian mengenai kemampuan pemerintah Jepang memberlakukan reformasi ekonomi dan menurunnya dukungan rakyat terhadap Perdana Menteri Naoto Kan. Dukungan bagi kabinet Kan telah jatuh ke tingkat di bawah 20 persen.

Menurut Moody's, utang Jepang sudah berada di atas tingkat ekonomi maju lain. Kementerian Keuangan Jepang menaksir utang akan mencapai 12 triliun dolar AS sebelum Maret tahun depan.

XS
SM
MD
LG