Tautan-tautan Akses

Partai Suu Kyi Ingin Negosiasikan Sanksi-Sanksi atas Burma


Wakil Ketua NLD, Tin Oo, menyampaikan permintaan negosiasi bagi sanksi-sanksi internasional yang selama ini diberlakukan bagi Burma.

Wakil Ketua NLD, Tin Oo, menyampaikan permintaan negosiasi bagi sanksi-sanksi internasional yang selama ini diberlakukan bagi Burma.

Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin Aung San Suu Kyi menganggap sanksi-sanksi atas Burma telah menyengsarakan rakyatnya.

Partai oposisi paling terkemuka di Burma, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), menghendaki diadakannya pembicaraan dengan negara-negara Barat untuk meninjau kembali sanksi-sanksi internasional terhadap pemerintah Birman. NLD mengajukan permintaan tersebut demi perbaikan perekonomian rakyat.

NLD, yang dipimpin pemenang Hadiah Nobel Aung San Suu Kyi, mengeluarkan pernyataan, Selasa, bahwa sanksi-sanksi tersebut sebaiknya jangan dicabut selama lebih dari 2.000 tahanan politik Burma masih berada di balik tahanan. Tetapi, partai ini menghendaki diadakan pembicaraan dengan Amerika Serikat, Uni Eropa, Kanada dan Australia untuk mempertimbangkan kapan, bagaimana dan dalam keadaan apa sanksi-sanksi tersebut dapat diubah demi kepentingan demokrasi, hak asasi dan lingkungan ekonomi yang sehat bagi warga Burma.

NLD juga menghendaki diadakan penelitian oleh para pakar mengenai dampak sanksi-sanksi tersebut. Wakil Ketua NLD Tin Oo dikutip, Senin, mengatakan penelitian oleh NLD sendiri menunjukkan sanksi-sanksi tersebut terutama merugikan para pemimpin pemerintah dan rekan bisnis mereka, bukan masyarakat umum.

XS
SM
MD
LG