Tautan-tautan Akses

India dan Pakistan Bangun Kembali Dialog


Wakil Menteri Luar Negeri India Nirupama Rao (kiri) dengan Wakil Menlu Pakistan Salman Bashir di New Delhi tahun lalu (foto: dok).

Wakil Menteri Luar Negeri India Nirupama Rao (kiri) dengan Wakil Menlu Pakistan Salman Bashir di New Delhi tahun lalu (foto: dok).

Untuk pertama kalinya sejak Juli 2010, pejabat tinggi India dan Pakistan bertemu dan sepakat mengadakan pertemuan lanjutan.

Wakil Menteri Luar Negeri India dan Wakil Menteri Luar Negeri Pakistan pada hari Minggu bertemu di ibukota Bhutan, Thimphu, dalam pertemuan tingkat tinggi pertama antara kedua negara sejak Juli 2010.

Wakil Menlu India Nirupama Rao dan Wakil Menlu Pakistan, Salman Bashir, bertemu di sela-sela Konferensi Asosiasi Kerjasama Regional Asia Selatan (SAARC.)

Kedua Wakil Menlu mengatakan setelah pembicaraan mereka sepakat tentang perlunya dialog lanjutan antara kedua negara bertetangga yang memiliki senjata nuklir untuk menyelesaikan semua masalah yang belum dipecahkan.

Mereka juga sepakat untuk membuat kemajuan lain menjelang pertemuan antara Menteri Luar Negeri kedua negara. Menlu Pakistan Shah Mehmood Qureshi dan Menteri Luar Negeri India SM Krishna akan bertemu di Islamabad pada tanggal 15 Juli.

India menangguhkan dialog damai dengan Pakistan setelah serangan teroris bulan November 2008 yang menewaskan 166 orang. Pemerintah India menuduh kelompok militan yang berbasis di Pakistan, Lashkar e-Taiba telah melakukan serangan pengepungan selama 60-jam itu.

XS
SM
MD
LG