Tautan-tautan Akses

AS Ingin Bantu Hubungan India dengan Tiongkok


Kurt Campbell, Asisten Menteri Luar Negeri Amerika urusan Asia Timur.

Kurt Campbell, Asisten Menteri Luar Negeri Amerika urusan Asia Timur.

Menurut Asisten Menlu AS Kurt Campbell, peranan India di Asia Timur dan Tenggara akan menjadi perkembangan baru terpenting dalam 10 tahun mendatang.

Amerika Serikat mengatakan pihaknya menyambut baik peningkatan keterlibatan India di Asia Timur dan Tenggara, dan bersedia membantu untuk meningkatkan hubungan India dengan Tiongkok.

Kurt Campbell, Asisten Menteri Luar Negeri Amerika urusan Asia Timur, mengatakan pada hari Rabu di Washington bahwa AS telah memperhatikan peningkatan hubungan India dengan sekutu-sekutu Amerika di kawasan tersebut, terutama di Asia Tenggara dan Jepang.

Campbell mengatakan dalam jumpa pers bahwa Amerika telah meningkatkan dialognya dengan India mengenai berbagai masalah di kawasan itu. Ia mengatakan peranan India di Asia Timur dan Tenggara akan menjadi perkembangan baru yang paling penting dalam 10 tahun mendatang.

Mengenai ketegangan yang sudah lama antara India dan Tiongkok, Campbell mengatakan, "Para pejabat Amerika mendukung peningkatan dalam dialog antara India dan Tiongkok, dan kami akan berusaha untuk membantunya sementara kita mengambil langkah maju.”

XS
SM
MD
LG