Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Eropa Temukan 5 Lagi Gen Terkait Parkinson


Banyak pasien Parkinson menderita gemetaran yang parah dan kurangnya keseimbangan.

Banyak pasien Parkinson menderita gemetaran yang parah dan kurangnya keseimbangan.

Penemuan yang dimuat di jurnal Inggris ini mendekatkan para peniliti pada pemahaman terhadap Parkinson dan kemungkinan akan pengobatan Parkinson yang manjur.

Tim ilmuwan Eropa telah menemukan lima lagi gen yang berhubungan dengan penyakit Parkinson. Parkinson adalah penyakit melumpuhkan yang dapat menyerang manusia berusia 50 tahun ke atas.

Penelitian mereka, yang dimuat dalam jurnal kedokteran Inggris, Lancet, mendekatkan para peniliti pada pemahaman akan penyakit ini dan kemungkinan akan pengobatan Parkinson yang manjur.

Para ilmuwan sebelumnya telah menemukan enam gen yang berhubungan dengan Parkinson. Penemuan tersebut meyakinkan mereka untuk pertama kalinya bahwa gen penderita bertanggung jawab atas timbulnya penyakit ini. Sebelum itu, para dokter yakin faktor-faktor lain, termasuk bahan-bahan kimia yang terserap tubuh atau cedera kepala yang parah, menimbulkan penyakit tersebut.

Penyakit Parkinson mengakibatkan keabnormalan dalam otak, yang disebabkan oleh kurangnya zat kimia dopamine. Banyak pasien Parkinson menderita gemetaran yang parah dan kurangnya keseimbangan, sementara lainnya mengalami kesulitan berbicara.

Belum ada obat yang dapat menyembuhkan Parkinson hingga saat ini.

XS
SM
MD
LG