Tautan-tautan Akses

Tentara Nigeria Tembaki Mahasiswa, 2 Tewas


Sekelompok tentara Nigeria berpatroli memantau keamanan dengan truk (foto: dok).

Sekelompok tentara Nigeria berpatroli memantau keamanan dengan truk (foto: dok).

Menurut para saksi, tentara menembaki para mahasiswa selagi mereka berjalan mendekati barisan pasukan keamanan di pusat kota Jos, Nigeria.

Tentara Nigeria telah melepaskan tembakan ke arah mahasiswa-mahasiswa di pusat kota Jos dalam putaran kekerasan terbaru yang juga mengakibatkan pembakaran gereja dan masjid.

Menurut para saksi, tentara menembaki para mahasiswa selagi mereka berjalan mendekati barisan pasukan keamanan pada hari Jumat. Para mahasiswa tersebut marah atas kematian teman-teman sekelas mereka dalam kekerasan antara kelompok Kristen dan Muslim baru-baru ini.

Seorang pemimpin mahasiswa mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa dua mahasiswa tewas dalam kerusuhan itu. Seorang orang ditikam oleh seorang perusuh dan satunya lagi ditembak mati. Para pejabat militer mengatakan belum ada informasi tentang kematian dalam tembak-menembak tersebut.

Kemudian pada hari Sabtu, para perusuh menyerang gereja dan masjid di Jos. Polisi mengatakan bentrokan sektarian di dekat Jos pada hari Kamis telah menewaskan 12 orang.

Jos terletak di wilayah yang disebut lingkaran tengah Nigeria, di mana kebanyakan penduduk Muslim dari utara bertemu dengan penduduk Kristen dari selatan. Nigeria berpenduduk 140 juta orang kira-kira terbagi merata antara Kristen dan Muslim. Di negara ini, sering terjadi bentrokan antar kelompok, terutama di dalam dan sekitar Jos, dan telah menewaskan ribuan orang dalam beberapa tahun belakangan.

XS
SM
MD
LG