Tautan-tautan Akses

Para Menteri ASEAN dan Tiongkok Peringati 20 Tahun Dialog Tiongkok-ASEAN


Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi (foto: dok) menjadi tuan rumah dialog Tiongkok-ASEAN kali ini.

Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi (foto: dok) menjadi tuan rumah dialog Tiongkok-ASEAN kali ini.

Para menteri ASEAN melakukan perjalanan darat ke Kunming dari Thailand melalui rute yang akan mengalami perbaikan besar-besaran untuk mempermudah perdagangan.

Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi menyambut kedatangan para menteri luar negeri dari 10 negara Asia Tenggara di kota Kunming untuk menghadiri pembicaraan untuk memperingati ulang tahun ke-20 dialog antara Tiongkok dengan ASEAN.

Kantor berita resmi Xinhua mengutip Yang yang mengatakan kunjungan tersebut akan menegaskan hubungan antara Tiongkok dengan Asia Tenggara. Para menteri ASEAN melakukan perjalanan darat ke Kunming dari Thailand melalui rute yang akan mengalami perbaikan besar-besaran untuk mempermudah perdagangan.

Para menteri juga akan membicarakan klaim yang bertentangan atas Kepulauan Spratly, kumpulan lebih dari 100 pulau-pulau kecil di Laut Cina Selatan. Dutabesar Tiongkok di Filipina mengatakan menjelang pertemuan ini, bahwa para menteri itu akan bekerja mengenai tindakan selanjutnya terhadap peraturan yang berusia delapan tahun yang bertujuan menghindari konflik mengenai kepulauan Spratly, yang diduga kaya dengan minyak dan gas alam.

Ini adalah dialog Tiongkok-ASEAN pertama diadakan di negeri Tiongkok.

XS
SM
MD
LG