Tautan-tautan Akses

Tunisia Bentuk Pemerintah Koalisi Baru


Ketua Parlemen Fouad Mebazza dilantik sebagai Presiden sementara Tunisia, Sabtu, 15 Januari 2011.

Ketua Parlemen Fouad Mebazza dilantik sebagai Presiden sementara Tunisia, Sabtu, 15 Januari 2011.

Presiden sementara Fouad Mebazza telah meminta agar Perdana Menteri Mohamed Ghannouchi agar membentuk pemerintah persatuan.

Penjabat kepemimpinan Tunisia pada hari Minggu mulai membentuk pemerintah koalisi baru setelah tergulingnya Zine El Abidine Ben Ali yang telah berkuasa selama 23 tahun.

Ketua Parlemen Fouad Mebazza dilantik sebagai Presiden sementara pada hari Sabtu, sehari setelah Presiden Ben Ali melarikan ke Arab Saudi.

Mebazza mengatakan, ia telah meminta agar Perdana Menteri Mohamed Ghannouchi agar membentuk pemerintah persatuan. Dewan Konstitusi Tunisia mengatakan Mebazza diberi waktu 60 hari untuk melangsungkan pemilihan presiden.

Ada laporan mengenai bunyi tembakan di Tunisia pada hari Sabtu sementara polisi dan tank militer merondai jalan-jalan yang masih penuh puing akibat kerusuhan dan penjarahan malam sebelumnya, tetapi tidak ada tanda-tanda kerusuhan baru pada hari Minggu.

Ben Ali lari setelah demonstrasi dan kerusuhan berpekan-pekan oleh massa yang marah karena korupsi pejabat dan kelangkaan lapangan kerja.

XS
SM
MD
LG