Tautan-tautan Akses

AS Kerahkan Pesawat Tak Berawak Intelijen Baru ke Afghanistan


Sebuah pesawat predator Amerika terbang di Afghanistan bagian selatan (foto: dok).

Sebuah pesawat predator Amerika terbang di Afghanistan bagian selatan (foto: dok).

Surat kabar The Washington Post mengungkap pada edisi hari Minggu, sistem mata-mata udara revolusioner yang dipasang pada pesawat dengan kendali jarak jauh.

Sebuah surat kabar terkemuka Amerika Serikat mengatakan militer AS siap mengerahkan pesawat tak berawak baru ke Afghanistan dengan kapasitas mengirim gambar-gambar video langsung dari seluruh keadaan di sebuah kota.

Surat kabar The Washington Post mengungkap pada edisi hari Minggu, sistem mata-mata udara revolusioner terdiri dari sembilan kamera video yang dipasang pada pesawat dengan kendali jarak jauh. Sistem yang disebut "Gorgon Stare" tersebut dapat mengirim hingga 65 gambar yang berbeda untuk para pengguna yang berbeda.

Sebaliknya, pesawat tak berawak Angkatan Udara yang sekarang beroperasi hanya memiliki satu kamera, untuk mengamati daerah seluas satu atau dua bangunan.

Mayor Jenderal James Poss, wakil kepala staf intelijen Angkatan Udara, mengatakan kepada surat kabar The Washington Post, pesawat baru akan mengambil alih tugas ke mana kamera diarahkan, karena sistem itu "akan mengamati seluruh wilayah kota."

XS
SM
MD
LG