Tautan-tautan Akses

Majelis Rendah Rusia akan Meratifikasi START Jelang Akhir Pekan


Presiden Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev sewaktu menanda-tangani Pakta Pengurangan Senjata Strategis Baru (START) bulan April lalu.

Presiden Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev sewaktu menanda-tangani Pakta Pengurangan Senjata Strategis Baru (START) bulan April lalu.

Setelah diratifikasi Senat AS, kini kedua majelis parlemen Rusia harus meratifikasi perjanjian nuklir baru (START) sebelum mulai berlaku.

Ketua majelis rendah parlemen Rusia mengatakan majelis rendah, atau Duma, mungkin akan meratifikasi perjanjian pengawasan senjata nuklir baru dengan Amerika Serikat sedini hari Jumat.

Ketua majelis rendah Boris Gryzlov mengatakan hari ini, majelis rendah mungkin akan melakukan pemungutan suara, Jumat, jika ratifikasi perjanjian yang disetujui oleh Senat Amerika itu tidak mengubah teks perjanjian itu.

Senat Amerika hari Rabu dengan suara 71 lawan 26 mendukung Pakta Pengurangan Senjata Strategis Baru (START).

Presiden Rusia Dmitry Medvedev menyambut baik dukungan Senat Amerika terhadap perjanjian itu, yang mengurangi jumlah senjata nuklir yang dimiliki oleh Amerika dan Rusia dan menetapkan sistem verifikasi bersama.

Presiden Obama mengatakan dalam jumpa pers di Gedung Putih pada hari Rabu bahwa ratifikasi perjanjian itu mengirim sinyal kuat kepada dunia. Obama mengucapkan terima kasih kepada kalangan Demokrat dan Republik dalam Senat karena mendukung apa yang disebutnya prioritas utama keamanan nasional.

Kedua majelis dalam parlemen Rusia masih harus meratifikasi perjanjian itu sebelum perjanjian itu mulai berlaku.

XS
SM
MD
LG