Tautan-tautan Akses

Diplomat Rusia dan Korea Utara Sepakati Stabilisasi Keamanan di Semenanjung Korea


Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Aleksey Borodavkin

Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Aleksey Borodavkin

Moskow menyatakan tetap berkomitmen pada perundingan enam pihak mengenai pelucutan senjata nuklir Korea Utara.

Diplomat senior Rusia dan Korea Utara bertemu Selasa di Moskow untuk membahas upaya menstabilkan situasi di Semenanjung Korea.

Deputi Menteri Luar Negeri Aleksey Borodavkin mengatakan kepada Duta Besar Korea Utara Kim Jong-yae bahwa Moskow tetap berkomitmen pada perundingan enam pihak mengenai pelucutan senjata nuklir Korea Utara. Ia menambahkan, Rusia akan berusaha membantu menemukan solusi antara Pyongyang dan Seoul agar perundingan dapat dibuka kembali.

Departemen Luar Negeri Rusia mengatakan Kim menyampaikan penilaian Korea Utara mengenai situasi regional dan prospeknya lebih jauh.

Amerika, Korea Selatan, Tiongkok dan Jepang juga terlibat dalam perundingan enam pihak tersebut. Tiongkok menyerukan dibukanya kembali perundingan sebagai cara meredakan ketegangan antara kedua Korea.

Washington dan Seoul ingin Pyongyang memenuhi kewajiban internasionalnya sebelum perundingan dapat dibuka kembali. Antara lain kewajiban itu mencakup mengizinkan inspektur nuklir PBB memantau fasilitas nuklirnya.

XS
SM
MD
LG