Tautan-tautan Akses

Thailand Akhiri Keadaan Darurat


Salah satu protes oleh kelompok Kaos Merah yang melumpuhkan Bangkok bulan April lalu.

Salah satu protes oleh kelompok Kaos Merah yang melumpuhkan Bangkok bulan April lalu.

Keadaan darurat yang berlaku di sebagian Thailand sejak April akibat aktivitas kelompok Kaos Merah, akan berakhir Rabu ini.

Pemerintah Thailand mengatakan pihaknya akan mengakhiri keadaan darurat yang telah berlangsung sejak delapan bulan lalu, mulai Rabu ini.

Pengumuman pada hari Selasa tersebut berlaku bagi Bangkok dan tiga provinsi di sekitarnya, di mana keadaan darurat itu masih berlaku. Keadaan darurat tersebut mulai diberlakukan terhadap kira-kira seperempat bagian Thailand pada awal April, untuk menanggapi demonstrasi-demonstrasi “Kaos Merah” yang berlangsung di Bangkok selama berminggu-minggu.

Juru bicara pemerintah mengatakan kabinet Thailand telah memutuskan bahwa keadaan darurat itu dapat dicabut karena aktivitas oposisi politik kini telah berlangsung dengan lebih damai.

UU Keadaan Darurat di Thailand melarang pertemuan politik lebih dari lima orang dan memungkinkan para tersangka ditahan sampai 30 hari tanpa didakwa. Ketetapan itu juga telah digunakan untuk membungkam media anti-pemerintah.

XS
SM
MD
LG