Tautan-tautan Akses

Tiongkok Peringati 73 Tahun Pembantaian Nanjing


Peta Tiongkok menunjukkan lokasi Nanjing, ibukota provinsi Jiangsu di bagian timur Tiongkok.

Peta Tiongkok menunjukkan lokasi Nanjing, ibukota provinsi Jiangsu di bagian timur Tiongkok.

Sekitar 5.000 orang berkumpul pada hari Senin di Nanjing, ibukota provinsi Jiangsu, untuk memberi penghormatan bagi ratusan ribu korban.

Tiongkok memperingati 73 tahun Pembantaian Nanjing, pembantaian besar-besaran rakyat Tiongkok semasa perang oleh pasukan penjajah Jepang.

Kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua, melaporkan sekitar 5.000 orang berkumpul pada hari Senin di Nanjing, ibukota provinsi Jiangsu, untuk memberi penghormatan bagi para korban.

Para peserta upacara itu meletakkan karangan bunga dan berdiri mengheningkan cipta di depan tembok peringatan yang memuat nama-nama korban, sementara sirene berbunyi sebagai tanda peringatan.

Pemerintah Tiongkok pada hari Minggu meresmikan perluasan tembok peringatan untuk menambahkan hampir 1.700 nama baru pada 8.600 nama yang telah tercantum di sana.

Xinhua memberitakan biarawan Budha dari Tiongkok dan Jepang mengadakan upacara keagamaan di Nanjing untuk mengenang para korban.

Pasukan Jepang menyerbu Nanjing pada 13 Desember 1937 dan selama enam pekan melancarkan kampanye teror dan pembantaian. Catatan menunjukkan sekitar 200.000 orang tewas, sementara Tiongkok menyebut jumlahnya mencapai 300.000 orang. Ribuan perempuan diperkosa.

Kalangan nasionalis Jepang membantah ada warga sipil yang tewas di Nanjing dan menyebut jumlah korban tewas jauh lebih rendah.

XS
SM
MD
LG