Tautan-tautan Akses

SpaceX akan Luncurkan Pesawat Antariksa


Percobaan penerbangan oleh SpaceX di Cape Canaveral pada bulan Juni. SpaceX akan meluncurkan kapsul Dragon untuk membawa perbekalan ke Stasiun Antariksa Internasional.

Percobaan penerbangan oleh SpaceX di Cape Canaveral pada bulan Juni. SpaceX akan meluncurkan kapsul Dragon untuk membawa perbekalan ke Stasiun Antariksa Internasional.

Perusahaan swasta AS, SpaceX, akan meluncurkan kapsul Dragon Rabu pagi dari Cape Canaveral di Florida, Amerika Serikat.

Sebuah perusahaan swasta Amerika akan meluncurkan pesawat antariksanya yang pertama ke orbit hari ini, satu percobaan penting bagi penerbangan antariksa komersial sementara badan antariksa Amerika NASA bersiap-siap memensiunkan armada pesawat ulang-aliknya.

NASA mengatakan perusahaan Space Explorations Technologies Corporation atau SpaceX, akan meluncurkan kapsul Dragon Rabu pagi dari Cape Canaveral di negara bagian Florida, Amerika Serikat.

Ini akan menjadi peluncuran pertama di bawah program NASA untuk mengangkut perbekalan ke Stasiun Antariksa Internasional segera setelah pesawat ulang-alik antariksa berhenti terbang tahun depan.

Kapsul Dragon kali ini tidak akan terbang ke stasiun antariksa. Tetapi, kapsul tersebut direncanakan untuk mengitari bumi dua kali dalam peragaan penerbangan, lalu jatuh ke Samudera Pasifik.

Percobaan penerbangan bersejarah ini merupakan pertama kalinya pesawat antariksa komersial swasta akan mencoba untuk memasuki kembali atmosfir bumi, yang berarti kapsul tersebut harus mampu menahan suhu yang sangat tinggi, yakni, kira-kira 2.000 derajat Celsius.

Bila peluncuran berhasil, langkah berikut adalah terbang melintasi Stasiun Antariksa Internasional dalam misi lima hari di mana Dragon akan mendekati stasiun yang mengorbit itu sampai jarak 10 kilometer.

Kemudian, direncanakan misi angkutan barang dan awak yang sesungguhnya ke Stasiun Antariksa. Keduanya dijadwalkan untuk tahun 2011.

XS
SM
MD
LG