Tautan-tautan Akses

Presiden Uganda Kunjungi Tentaranya di Somalia


Presiden Uganda Yoweri Museveni (foto: dok) pada hari Minggu bertemu dengan Presiden Somalia Sheikh Sharif Sheikh Ahmed.

Presiden Uganda Yoweri Museveni (foto: dok) pada hari Minggu bertemu dengan Presiden Somalia Sheikh Sharif Sheikh Ahmed.

Uganda menyumbang ribuan tentara untuk membantu Somalia memerangi pemberontak aliran Islamis, Al-Shabab.

Presiden Uganda Yoweri Museveni melakukan kunjungan mendadak ke ibukota Somalia, di mana beberapa ribu tentara Uganda membantu pemerintah Somalia memerangi pemberontak Islamis.

Para pejabat mengatakan, Museveni pada hari Minggu bertemu dengan Presiden Somalia Sheikh Sharif Sheikh Ahmed, Perdana Menteri Somalia yang baru, Mohammed Abdullahi Mohamed, dan sejumlah tentara sebelum meninggalkan Mogadishu.

Uganda dan Burundi menyumbang seluruh 7.200 tentara Uni Afrika yang ditugaskan di Somalia untuk membantu pemerintah dukungan PBB agar tetap berkuasa dan mempertahankan posisi-posisi kunci di ibukota. Tentara membantu menumpas ofensif besar-besaran oleh kelompok militan Al-Shabab pada bulan Agustus dan September.

Al-Shabab mengaku bertanggungjawab atas pengeboman di ibukota Uganda, Kampala pada bulan Juli yang menewaskan sedikitnya 76 orang.

Museveni mendesak masyarakat internasional untuk memberi bantuan lebih besar kepada pemerintah Somalia. Bulan lalu, ia menawarkan akan mengerahkan hingga 20.000 tentara di Somalia, jika negara-negara lain menyediakan dananya.

XS
SM
MD
LG