Tautan-tautan Akses

Jutaan Rakyat Haiti Ikut Serta dalam Pilpres Hari Ini


Para pendukung salah seorang kandidat presiden Haiti, Jude Celestin, berkumpul di ibukota Haiti, Port-au-Prince.

Para pendukung salah seorang kandidat presiden Haiti, Jude Celestin, berkumpul di ibukota Haiti, Port-au-Prince.

Sebanyak 4,5 juta pemilih di Haiti diperkirakan akan memberikan suara untuk memilih presiden baru, pengganti Rene Preval.

TPS-TPS dibuka di Haiti pada hari Minggu untuk pemilu terpenting di Haiti dalam bertahun-tahun.

Sebanyak 4,5 juta pemilih diperkirakan akan memberikan suara untuk memilih presiden baru. Negara Haiti ini masih berupaya pulih dari gempa besar bulan Januari dan sekarang berjuang melawan wabah kolera.

Rakyat Haiti akan memilih pengganti Presiden Rene Preval, yang tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri kembali untuk masa jabatan ketiga.

Surat suara mendaftar 19 calon, meskipun salah satu dari mereka, Axan Delson Abellard, telah mengundurkan diri dari pencalonan. Tiga dari 18 calon yang masih ada, muncul sebagai unggulan terdepan. Mantan Ibu Negara Mirlande Manigat akan menjadi presiden perempuan pertama jika terpilih. Seorang penghibur terkenal, Michel Martelly, telah mendapat dukungan orang banyak. Selain itu, seorang anggota partai terkenal yang tidak berkuasa, Jude Celestin, juga merupakan calon unggulan.

Artis kelahiran Haiti, Wyclef Jean, didiskualifikasi dari pencalonan. Para pejabat pemilu Haiti mengatakan ia tidak memenuhi persyaratan tinggal selama lima-tahun di Haiti. Wyclef Jean termasuk di antara 15 calon yang didiskualifikasi untuk berpartisipasi dalam pemilu.

XS
SM
MD
LG