Tautan-tautan Akses

Pakar Antariksa Amati Foto-foto Pluto


Pluto dalam gambar yang diambil dari pesawat New Horizons (7/7).

Pluto dalam gambar yang diambil dari pesawat New Horizons (7/7).

Para pakar sangat gembira melihati foto-foto paling baru yang dikirim dari jarak 4,8 milyar kilometer dari Bumi.

Pakar-pakar antariksa Amerika sedang memeriksa foto-foto yang dikirim pesawat New Horizons yang sedang mendekati Pluto.

Pesawat itu akan terbang pada ketinggian 12.500 kilometer dari permukaan Pluto pada hari Selasa, tapi para pakar sangat gembira melihati foto-foto paling baru yang dikirim dari jarak 4,8 miliar kilometer dari Bumi.

“Kami bisa melihat pola-pola berwarna hitam dan putih. Kami tidak tahu gambar apa itu,” kata pejabat NASA John Spencer hari Sabtu (11/7).

"Kami melihat banyak lingkaran-lingkaran, yang mungkin merupakan kawah-kawah atau benda lain. Yang jelas kami sedang membuat banyak spekulasi tentang apa yang kami lihat itu," tambahnya.

Pesawat antariksa New Horizons diluncurkan oleh NASA tahun 2006, tidak lama sebelum International Astronomical Union menurunkan status Pluto menjadi planet kerdil.

Menurut badan astronomi itu, Pluto terletak di pinggir sistem tata surya kita di kawasan yang disebut Sabuk Kuyper. Kata para pakar NASA, foto-foto jarak dekat yang diambil dari Sabuk Kuyper itu akan menunjukkan bagaimana bentuk sistem tata surya kita ketika baru terbentuk, dan mungkin akan memberi informasi tentang bagaimana kehidupan di Bumi dimulai.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG