Tautan-tautan Akses

Boko Haram Dilaporkan Bunuh 32 Orang di Nigeria Timur Laut


Kelompok militan Boko Haram di Nigeria (foto: dok).

Kelompok militan Boko Haram di Nigeria (foto: dok).

Tersangka para militan Boko Haram telah membunuh sedikitnya 32 orang dan menculik lebih dari 100 orang lainnya dalam serangan di desa Gumsuri, Minggu (14/12).

Warga dan para pejabat setempat di Nigeria timur laut mengatakan orang-orang yang diduga anggota kelompok militan Boko Haram telah membunuh sedikitnya 32 orang dan menculik lebih dari 100 orang lainnya dalam serangan di desa Gumsuri.

Serangan itu terjadi hari Minggu, menurut warga yang melarikan diri ke kota Maiduguri, ibukota negara bagian Borno. Berita mengenai serangan itu memerlukan beberapa hari untuk diketahui karena jaringan telepon seluler di daerah itu rusak dalam serangan sebelumnya.

Gumsuri terletak di dekat desa Chibok, di mana Boko Haram menculik lebih dari 200 siswi dari sebuah sekolah pada bulan April lalu.

Televisi CNN mengutip penduduk Gumsuri yang mengatakan orang-orang bersenjata masuk ke desa itu dari dua arah, menembakkan senapan mesin berat dan membakar rumah-rumah dengan bensin.

Di Abuja, sebuah pengadilan militer Nigeria telah menjatuhkan hukuman mati bagi 54 tentara karena menolak untuk melawan Boko Haram di Nigeria timur laut.

Seorang pembela para tentara itu mengatakan puluhan lainnya dijadwalkan akan diadili.

Tentara Nigeria selama ini mengeluh mereka tidak memiliki senjata dan perlengkapan yang memadahi untuk melawan Boko Haram di kubu kelompok itu di Nigeria timur laut.

XS
SM
MD
LG