Tautan-tautan Akses

Kotak Hitam Pesawat Air Algerie Dikirim ke Perancis


Militer Perancis mengamankan kotak hitam yang ditemukan dari reruntuhan pesawat Air Algerie AH5017 yang jatuh Kamis (24/7) pagi di Mali Utara.

Militer Perancis mengamankan kotak hitam yang ditemukan dari reruntuhan pesawat Air Algerie AH5017 yang jatuh Kamis (24/7) pagi di Mali Utara.

Pesawat Air Algerie AH5017 itu jatuh Kamis (24/7) pagi di Mali Utara, dekat perbatasan dengan Burkina Faso, menewaskan seluruh 118 penumpang.

Kedutaan Perancis di Mali hari Minggu (27/7) mengatakan kedua kotak hitam pesawat Air Algerie yang jatuh di Mali Utara pekan lalu akan dikirim ke Perancis untuk diperiksa, sementara para pejabat mempersiapkan proses identifikasi jenazah para penumpang dan awak.

Tim penjaga perdamaian PBB menemukan kotak hitam kedua hari Sabtu di tengah reruntuhan pesawat yang jatuh dalam penerbangan dari Ouagadougou di Burkina Faso menuju ke Aljir, Aljazair.

Pesawat Air Algerie AH5017 itu jatuh Kamis pagi di Mali Utara, dekat perbatasan dengan Burkina Faso, menewaskan 118 penumpang – termasuk 54 warga negara Perancis.

Pihak berwenang Perancis mengatakan cuaca yang sangat buruk tampaknya menjadi penyebab jatuhnya pesawat itu tetapi tidak mengesampingkan kemungkinan-kemungkinan lain, termasuk serangan teroris.

Pasca kudeta militer tahun 2012, Mali Utara dikuasai oleh pemberontak – termasuk ekstrimis Islam terkait Al Qaida. Meskipun militer yang dipimpin Perancis tahun lalu melakukan intervensi dan menghalau para ekstrimis dari kota-kota di Mali Utara, pemerintah Mali memperingatkan dalam beberapa bulan terakhir ini bahwa para ekstrimis mungkin akan kembali.

XS
SM
MD
LG