Tautan-tautan Akses

China Pindahkan Anjungan Eksplorasi Lepas Pantainya


Kapal penjaga pantai China siaga di dekat anjungan minyak China di laut China Selatan yang terlihat di latar belakang (foto: dok).

Kapal penjaga pantai China siaga di dekat anjungan minyak China di laut China Selatan yang terlihat di latar belakang (foto: dok).

Vietnam hari Rabu (16/7) menyebut penempatan anjungan itu ilegal dan menuntut China agar tidak mengulangi tindakan tersebut.

China telah memindahkan anjungan eksplorasi lepas pantainya dari perairan yang disengketakan di Laut China Selatan, dua bulan setelah penempatannya di dekat Kepulauan Paracel memicu ketegangan diplomatik dengan Vietnam.

Setelah menemukan tanda-tanda kandungan minyak dan gas di lepas pantai kepulauan yang diklaim kedua negara itu, anjungan itu ditarik ke Pulau Hainan, China, satu bulan sebelum akhir tanggal pengeboran yang diumumkan.

Wang Zhen dari China National Petroleum Corporation mengatakan, eksplorasi dijalankan sesuai rencana meskipun mendapat tentangan dari Hanoi.

Hanoi hari Rabu (16/7) menyebut penempatan anjungan itu “sama sekali ilegal” dan menuntut China agar tidak mengulangi tindakan tersebut.

Sengketa perbatasan di salah satu perairan yang paling banyak dilayari di dunia itu menciptakan solidaritas dalam beberapa bulan belakangan ini antara Jepang, Filipina, dan Vietnam, yang semuanya menentang klaim maritim China.

XS
SM
MD
LG