Tautan-tautan Akses

AS: Putin Harus Buktikan Komitmen terhadap Perdamaian di Ukraina


Menlu AS John Kerry Kamis (25/6) mendesak komitmen Presiden Vladimir Putin di Ukraina timur.

Menlu AS John Kerry Kamis (25/6) mendesak komitmen Presiden Vladimir Putin di Ukraina timur.

Menlu AS John Kerry Kamis (25/6) mendesak Presiden Vladimir Putin membuktikan komitmennya terhadap perdamaian di Ukraina timur lewat tindakan.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan pemimpin Rusia Vladimir Putin harus membuktikan ia berkomitmen penuh terhadap perdamaian di Ukraina timur lewat tindakan – tidak hanya kata-kata. Namun, kata Kerry, Amerika dan para sekutunya di Eropa belum berniat menjatuhkan sanksi baru atas Rusia.

Berbicara hari Rabu di Brussels, dimana ia menghadiri rapat para menteri luar negeri NATO, Kerry mengatakan “penting” bagi Presiden Putin untuk “secara terbuka” meminta separatis pro-Rusia di Ukraina timur agar meletakkan senjata. Ia menambahkan Putin harus menghentikan arus pejuang dan senjata – termasuk tank dan peluncur roket – ke perbatasan Rusia dengan Ukraina.

Kerry mengatakan Amerika bekerjasama dengan negara-negara Eropa menyiapkan sanksi-sanksi baru jika diperlukan. Uni Eropa dan Amerika menjatuhkan sanksi atas beberapa tokoh dan perusahaan Rusia awal tahun ini setelah negara itu mencaplok Krimea di Ukraina dan kemudian karena Rusia terlibat dalam kerusuhan di Ukraina timur.

Juga hari Rabu, Presiden Putin, Presiden Ukraina Petro Poroshenko, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande saling berbicara lewat telpon.

Jurubicara pemerintah Jerman mengatakan ke-empat pemimpin itu sepakat mengenai perlunya mekanisme untuk memantau gencatan senjata selama seminggu yang diumumkan Presiden Poroshenko Jumat lalu serta keamanan di perbatasan Ukraina-Rusia.

XS
SM
MD
LG