Tautan-tautan Akses

Fitch Naikkan Peringkat Kredit Spanyol


Warga duduk-duduk di bar di Madrid, Spanyol. Setelah mendapat pukulan terparah akibat krisis properti 2008, Spanyol mulai bangkit. (Foto: Dok)

Warga duduk-duduk di bar di Madrid, Spanyol. Setelah mendapat pukulan terparah akibat krisis properti 2008, Spanyol mulai bangkit. (Foto: Dok)

Fitch mengatakan reformasi ekonomi pasar buruh, sistem pensiun, kerangka kerja fiskal dan sektor keuangan yang diterapkan pemerintah telah memperbaiki prospek ke depan.

Lembaga pemeringkat Fitch menaikkan peringkat kredit Spanyol, manandakan perbaikan dalam keuangan dan ekonomi negara itu.

Lembaga ini mengangkat peringkat negara Spanyol satu tingkat menjadi BBB+ dari BBB.

Dalam sebuah laporan, Fitch mengatakan ``reformasi ekonomi pasar buruh, sistem pensiun, kerangka kerja fiskal dan sektor keuangan yang diterapkan pemerintah sejak awal krisis, telah memperbaiki prospek ke depan.''

Spanyol merupakan satu dari sejumlah negara Eropa yang paling parah terkena dampak krisis keuangan. Pasar properti yang runtuh pada 2008 mendorong ekonomi menuju resesi dan pemerintah memerlukan bantuan dari negara-negara eropa lainnya untuk menyelamatkan perbankan negara itu.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Spanyol mengungkapkan penghargaan atas peringkat yang baru ini karena merupakan pengakuan bahwa pemerintah memiliki komitmen reformasi.

“Reformasi ini akan melancarkan pemulihan ekonomi, yang akan membantu memperbaiki defisit dan mulai menciptakan lapangan pekerjaan secara neto, tahun ini,'' demikian menurut pernyataan itu.

Meski tingkat pengangguran masih mendekati 26 persen, ekonomi Spanyol sudah keluar dari resesi dan tingkat bunga pinjaman menurun.
XS
SM
MD
LG