Tautan-tautan Akses

Hakim AS Tolak Kekebalan bagi Mantan Ketua IMF


Upaya mantan Ketua IMF, Dominique Strauss-Kahn untuk memperoleh kekebalan diplomatik ditolak pengadilan New York (foto: dok).
Upaya mantan Ketua IMF, Dominique Strauss-Kahn untuk memperoleh kekebalan diplomatik ditolak pengadilan New York (foto: dok).

Hakim Amerika hari Selasa menolak mosi oleh Dominique Strauss-Kahn agar gugatan hukum itu dibatalkan dengan alasan ia mempunyai kekebalan diplomatik.

Mantan ketua IMF, Dominique Strauss-Kahn, harus menghadapi pengadilan terkait tuduhan-tuduhan bahwa ia hendak memperkosa seorang pekerja hotel di New York.

Hakim Pengadilan Tinggi negara bagian di Bronx, Douglas McKeon memutuskan politisi Perancis itu tidak bisa mengklaim kekebalan dari gugatan perdata yang diajukan oleh Nafisatou Diallo, pekerja hotel di New York karena ia tidak mengklaim kekebalan setelah penahanannya bulan Mei lalu.

Hakim mengatakan Strauss-Kahn semakin mengurangi klaim apapun untuk mendapat kekebalan dengan mengundurkan diri tidak lama setelah insiden itu diberitakan.

Diallo mengatakan Strauss-Kahn hendak memperkosanya di kamar hotelnya tapi jaksa membatalkan tuduhan-tuduhan kriminal musim panas lalu dengan mengatakan keraguan tentang kredibilitas Diallo.

Diallo kemudian mengajukan gugatan terhadap Strauss-Kahn di pengadilan perdata. Strauss-Kahn menyangkal melakukan kekerasan apapun ketika bertemu dengan Diallo.

Keputusan itu pertama kali dilaporkan oleh harian New York Post.
XS
SM
MD
LG